{"id":2551,"date":"2024-02-18T08:44:40","date_gmt":"2024-02-18T08:44:40","guid":{"rendered":"http:\/\/trusttaxconsultant.local\/?p=2551"},"modified":"2024-02-18T08:44:41","modified_gmt":"2024-02-18T08:44:41","slug":"efin-pajak","status":"publish","type":"post","link":"http:\/\/trusttaxconsultant.local\/efin-pajak.html","title":{"rendered":"Apa itu Electronic Filing Identification Number (EFIN) Pajak?"},"content":{"rendered":"\n

Pada era digital seperti saat ini, pelaporan pajak secara elektronik telah menjadi salah satu hal yang penting dalam dunia perpajakan. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh wajib pajak sebelum melakukan pelaporan pajak secara online adalah Electronic Filing Identification Number (EFIN) Pajak.<\/p>\n\n\n\n

EFIN Pajak adalah nomor identifikasi unik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak di Indonesia. Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang pengertian, fungsi, serta cara mendapatkan EFIN Pajak baik untuk wajib pajak pribadi maupun badan.<\/p>\n\n\n\n

<\/div>\n\n\n\n

Pengertian EFIN Pajak<\/h2>\n\n\n\n

EFIN Pajak adalah nomor identifikasi unik berupa 10 digit yang diperlukan oleh setiap wajib pajak untuk melakukan pelaporan pajak secara elektronik, atau yang sering disebut dengan e-Filing. EFIN diberikan oleh DJP kepada wajib pajak sebagai tanda bahwa mereka telah terdaftar dan diakui oleh DJP sebagai subjek yang berkewajiban untuk membayar pajak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.<\/p>\n\n\n\n

<\/div>\n\n\n\n

Fungsi EFIN Pajak<\/h2>\n\n\n\n

Sebagai nomor identifikasi unik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk wajib pajak di Indonesia, Electronic Filing Identification Number (EFIN) memiliki peran yang sangat penting dalam proses pelaporan pajak secara online.<\/p>\n\n\n\n